Peran Virtualisasi Pada Cloud Computing


A. Virtualisasi
          Virtualisasi berasal dari kata dasar virtual yang berarti maya. Virtualisasi sendiri dalam dunia komputer merupakan sebuah proses pengimplementasian perangkat lunak dalam sebuah fungsi perangkat keras komputer tak nyata yang mana kinerjanya menyerupai perangkat keras sebenarnya atau bahkan lebih. 
          Sebagai contoh : Sistem Operasi, Perangkat penyimpanan serta Jaringan
          Selain itu virtualisasi dapat diimplementasikan dalam berbagai bentuk, antara lain (Harry Sufehmi, Pengenalan Virtualisasi, 2009-06-07) :
  1. Network Virtualization : VLAN, Virtual IP (untclustering), Multilink
  2. Memory Virtualization : pooling memory dari node-node di cluster
  3. Grid Computing : banyak komputer = satu
  4. Application Virtualization : Dosemu, Wine
  5. Storage Virtualization : RAID, LVM
  6. Platform Virtualization : virtual computer
         Karena dalam hal ini virtualisasi mengacu pada proses penciptaan kerja mesin secara virtual layaknya perangkat sebenarnya, maka terdapat beberapa jenis virtualisasi, diantaranya :
  1. Para-virtualisasi        : Menjalankan sebuah perangkat lunak dalam sebuah host dengan menyesuaikan domain sendiri seolah berada dalam sistem yang berbeda.
  2. Virtualisasi sebagian : Membuat sebuah lingkungan virtual  hanya untuk menjalankan program atau perangkat lunak tertentu , kondisi yang dialami adalah lingkungan dimana tidak semua aspek disimulasikan.
  3. Virtualisasi penuh     : Mirip dengan para-virtualisasi dimana hampir menyerupai perangkat asli dan mampu menjalankan perangkat lunak secara keseluruhan. Yang membedakan adalah tidak ditempatkan pada domain sendiri.
source : http://blogs.vmware.com/workstation/files/2014/11/VMware-Workstation-11-Unmatched-OS-Support.jpg

B. Cloud Computing (Komputasi Awan)
        Cloud computing (komputasi awan) berasal dari kata awan yang dapat diatikan sebagai bentuk maya yang nyata dari internet ,yang mana kalau digambarkan biasanya berupa diagram jaringan komputer; dan komputasi yang merupakan sebuah metoda perhitungan menggunakan mesin dalam hal ini komputer yang mana biasanya mengelola suatu layanan terkait dengan teknologi informasi. 
           Secara utuh, komputasi awan adalah sebuah teknologi dan konsep dimana komputer saling terhubung dalam jaringan komputer dan saling terintegrasi baik storage dan atau kemampuan pemrosesan dan atau kemampuan perangkat keras serta menjadi bagian internet itu sendiri .Menghasilkan sebuah layanan yang dapat memproses teknologi informasi dan atau penyimpanan secara maya.
          Dalam komputasi awan ,terdapat beberapa variabel penting yang menjadi titik acuan bahwa teknologi ini sangat berguna dan pengembangannya membawa pengaruh baik bagi pengguna, antaralain :
  1. Skalabilitas   ; Menambah kapasitas penyimpanan tanpa harus membeli perangkat keras penyimpanan tambahan.
  2. Aksesibilitas : Dapat diakses dimanapun kapanpun , yang diperlukan hanyalah koneksi internet.
  3. Keamanan     : Telah terjamin dari penyedia layanan komputasi awan tersebut.
  4. Kreasi            : Karena akses data yang mudah, pengerjaan project pun dapat dilakukan secara langsung dengan banyak pengguna yang mengakses, bahkan dapat pula terhubung langsung dengan perusahaan.
  5. Kecemasan    : Tidak pusing-pusing memikirkan keamanan dan resiko kerusakan perangkat keras penyimpanan atau bahkan data yang korup.
source : https://www.hcltech.com/sites/default/files/rise-of-clouds.jpg

Hubungan Virtualisasi dengan Cloud Computing
          Virtualisasi merupakan kunci, komponen utama dalam cloud computing. Karena semua sistem operasi dan aplikasi berada didalam mesin virtual tersebut. Virtualisasi inilah yang akan mengakomodir secara keseluruhan dari konsep arsitektur cloud computing, karena virtualisasi memiliki kemampuan untuk membuat sebuah komputer atau grup komputer secara virtual dan membuat jaringan dari perangkat komputer virtual tersebut saling terintegrasi satu dengan lainnya. 
          Secara mudah virtualisasi dan cloud computing dapat dianalogikan sebagai sebuah gedung world trade center yang mana digunakan orang banyak dan berbeda beda  atau sebuah bandara internasional yang didatangi pesawat dari berbagai negara yang didalamnya terdapat ruangan-ruangan yang terisolasi dan terpisah satu sama lain ,di masing-masing ruangan tersebut berisi proses yang berbeda-beda pula. Begitu pula layanan penyimpanan , misal dalam gedung tersebut terdapat sebuah ruangan a yang digunakan sebagai gudang a, suatu waktu ingin penyimpanan tambahan tidak perlu membangun gedung baru , tapi menggunakan ruangan b sebagai gudang penyimpanan b. 
          Selain itu, virtualisasi hanya merupakan sebuah kondisi maya yang terdapat dalam perangkat lokal. Namun dengan Cloud Computing yang merupakan konsep bagian dari jaringan komputer dalam internet itu sendiri, maka tidak hanya storage atau penyimpanan saja yang dapat diberikan sebagai layanan, tapi juga dapat berupa aplikasi, pengolahan data , pengembangan secara langsung dengan pengguna berbeda, bahkan juga dapat digunakan sebagai sistem operasi tertentu tanpa harus menginstal dalam perangkat yang kita gunakan.
source : http://www.vlr.vn/vn/news/img/nghien-cuu-ung-dung/2067/dien-toan-dam-may-san-sang-cho-doanh-nghiep-logistics-vn.vlr

Sumber :

https://www.excellent.co.id/product-services/vmware/keuntungan-teknologi-virtualisasi-cloud-computing/
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
https://id.wikipedia.org/wiki/Virtualisasi

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer