PENGANTAR KOMPUTASI MODERN

  KOMPUTASI MODERN



SEJARAH KOMPUTASI MODERN
                Awal mula dari komputasi adalah adanya perhitungan-perhitungan angka yang dilakukan manusia secara manual. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Manusia telah mengenal angka dan perhitungan sejak berabad-abad yang lalu. Bangsa romawi pun telah dapat menghitung sistem kalender dan rasi bintang. Seiring dengan perkembangan zaman manusia pun melakukan perhitungan-perhitungan yang lebih kompleks. 

                Otak manusia juga mengalami keterbatasan dalam menghitung angka yang jumlahnya bisa berdigit-digit, kemudian diciptakan alat sempoa untuk menghitung, kemudian dekembangkan menjadi kalkulator, Karena semakin berkembangnya alat dan kebutuhan semakin banyak pula data-data yang ingin dihitung, dan mulailah ide pembuatan untuk membuat komputer sebagai alat hitung dengan konsep komputasi modern. Tidak hanya itu, komputer yang diciptakan hingga sekarang ini bukan menjadi sebuah alat yang digunakan untuk menghitung, tapi juga bisa menyimpan,mengedit dan mengolah kata serta masih banyak lagi kegunaan dan kelebihan yang dimiliki oleh komputer.Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer. Komputasi yang menggunakan komputer inilah yang disebut dengan Komputasi Modern.

DEFINISI SINGKAT KOMPUTASI MODERN
                  Komputasi adalah algoritma yang digunakan untuk menemukan suatu cara dalam memecahkan masalah dari sebuah data input yang merupakan bagian dari ilmu komputer berpadu dengan ilmu matematika.
ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah masalah ilmu(sains).
                  Komputasi Modern itu sendiri adalah konsep sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpan dalam sebuah memory. Secara sederhana, komputasi modern juga dapat diartikan pada saat kita melakukan komputasi menggunakan komputer. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957).
 
 KARAKTERISTIK KOMPUTASI MODERN
  • Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
  • Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
  • Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.
Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:
1.Akurasi : berhubungan dengan bit dan floating point
2.Kecepatan : dalam satuan hertz (processor tunggal, pipeline, parallel processing)
3.Problem volume besar : down sizing, parallel
4.Modelling : NN, GA
5.Kompleksitas : menggunakan teori big O

IMPLEMENTASI DENGAN JENIS /MACAM-MACAM KOMPUTASI MODERN

1. Mobile Computing atau Komputasi Bergerak Mobile computing (komputasi bergerak) merupaan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.
2.  Grid Computing Komputasi grid memanfaatkan kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer, dan menggunakan kekuatan proses untuk menghitung satu pekerjaan.
3.  Cloud Computing atau Komputasi Awan Cloud computing adalah perluasan dari konsep pemrograman berorientasi objek abstraksi. Abstraksi, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, menghapus rincian kerja yang kompleks dari visibilitas.
Mata Kuliah: Pengantar Komputasi Modern (Softskill)
Tugas ke-1
Nama : Rizqy Dwire Ramadhan
NPM : 58413028
Kelas : 4IA03



Sumber :

  • Pengantar Komputasi Modern (2015, April 1). Pengertian dan Sejarah Singkat . Diperoleh 14 Maret 2017 10.00 , dari http://rakaestu.blogspot.co.id/2015/04/pengantar-komputasi-modern-pengertian.html
  • MAKALAH KOMPUTASI MODERN (2016, November 10). Komputasi Modern . Diperoleh 14 Maret 2017 10.00 , dari http://afnialhisna12345.blogspot.co.id/2016/11/makalah-komputasi-modern.html

  • PENGANTAR KOMPUTASI MODERN (2017, Maret 14). Komputasi Modern . Diperoleh 14 Maret 2017 10.00 , dari http://renatefernandez.blogspot.co.id/2017/03/pengantar-komputasi-modern.html

Komentar

Postingan Populer